Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Mengajukan Pinjaman KTA Mandiri

Pinjaman KTA Mandiri adalah Kredit Tanpa Agunan, maksudnya adalah ketika seseorang ingin meminjam pinjaman di Bank Mandiri tanpa memerlukan jaminan. Biaya dari hasil peminjaman ini pun bisa Anda alokasikan untuk segala hal.

Mulai dari sebagai biaya untuk menggelar pernikahan, biaya untuk memperbaiki rumah serta untuk keperluan lainnya. Untuk itulah banyak orang memutuskan untuk melakukan pengajuan KTA Mandiri online dan juga offline ini. Keduanya bisa Anda lakukan dengan mudah dan efisien. Akan tetapi,bagi Anda yang merupakan orang yang sibuk disarankan untuk mengambil jalur KTA mandiri online.

Hal yang paling ditonjolkan dari pinjaman yang satu ini adalah tidak adanya agunan. Selain itu juga limit kreditnya yang mencapai 200 juta rupiah. Meskipun limitnya yang terbilang tinggi, namun bunga yang dibebankan setiap bulannya masih saja tetap.

KTA Bank Mandiri ini juga dilengkapi dengan fasilitas seperti kesehatan jiwa hingga jangka waktu pelunasan kredit yang diperpanjang. Jangka waktunya 5 tahun, apabila pegawai tersebut pembayaran gaji melalui Bank Mandiri. Beberapa Hal berikut ini yang perlu Anda ketahui mengenai pinjaman Bank Mandiri:

  1. Jumlah Maksimal Dana yang Bisa Dipinjam

Jumlah dana yang bisa Anda pinjam melalui KTA Bank Mandiri ini lumayan bisa menutupi kekurangan modal atau biaya yang Anda butuhkan. Nominal maksimalnya adalah 200 juta rupiah dengan tenor pinjaman paling lama 3 tahun.

  1. Syarat yang Dibutuhkan

Beberapa persyaratan untuk mengajukan pinjaman KTA Mandiri yang harus Anda penuhi, diantaranya adalah:

  • Usia pemohon berkisar antara 21 hingga 55 tahun
  • Sampai batas akhir tenor, usia pemohon belum lebih dari 55 tahun
  • Pemohon adalah warga negara Indonesia
  • Pendapatan setiap bulan dari pemohon paling sedikit 2.500.000 rupiah untuk wilayah Jabodetabek, dan 1.500.000 rupiah untuk luar wilayah Jabodetabek.

Sementara syarat administrasinya yaitu:

  • Formulir Aplikasi yang asli
  • Asli atau fotokopi slip gaji
  • Fotokopi KTP
  • Fotokopi Kartu Kredit
  • NPWP atau SPT diatas 50 juta rupiah
  • Surat Izin Praktik atau biasa disebut dengan izin profesi.
  1. Biaya yang Ditagihkan

Daftar biaya yang akan Anda keluarkan mulai dari pengajuan hingga pengajuan disetujui adalah:

  • Biaya untuk membeli materai 6.000 rupiah
  • Biaya kredit 2 sampai 3,5 % dari limit kredit
  • Pembayaran cicilan setiap bulan dan disertai dengan bunganya
  • Jika ada keterlambatan dalam pembayaran cicilan setiap bulan maka akan dikenai denda sebesar 2% dari suku bunga.
  • Apabila Anda melakukan pelunasan pinjaman Bank Mandiri lebih awal dari waktu yang telah ditentukan sebelumnya, maka akan terkena penalti. Jumlah penalti yang harus Anda bayar adalah 5% dari seluruh jumlah kredit.
  1. Waktu yang Dibutuhkan untuk Proses

Pihak Bank Mandiri akan mengkaji seluruh dokumen yang Anda ajukan sehingga bisa diputuskan apakah Anda memenuhi syarat untuk menjadi calon peminjam atau tidak. Lama waktu yang dibutuhkan untuk proses ini kurang lebih 7 sampai 14 hari kerja, tidak termasuk Sabtu, Minggu serta Hari Libur Nasional.

  1. Kemungkinan yang Muncul Jika Anda Memiliki Catatan yang Buruk

Mungkin bagi Anda yang memiliki masalah keterlambatan pembayaran dengan pinjaman sebelumnya, Anda mungkin akan pesimis bahwa persetujuan tersebut akan ditolak. Perlu Anda ketahui, hal tersebut tidaklah berpengaruh bagi pinjaman KTA Mandiri yang Anda ajukan.

Anda hanya diminta untuk menyelesaikan segala keterlambatan pembayaran sebelumnya sebelum Anda melakukan pengajuan. Maka dari itu, 3 bulan sebelum melakukan pengajuan ada baiknya Anda secara aktif dan rutin membayar pinjaman yang menjadi tanggungan Anda.

Beberapa bank ternama di Indonesia menyediakan pinjaman dengan nominal dan bunga yang menggiurkan. Mereka juga mungkin menawarkan pinjaman tanpa agunan. Tetapi meskipun begitu Anda tetap harus selektif dalam memilih tawaran pinjaman dari bank-bank tersebut.

Salah satu yang harus Anda pertimbangkan adalah pinjaman KTA Mandiri. Karena pinjaman dari Bank Mandiri jika dibandingkan dengan pilihan kredit tanpa menggunakkan agunan lainnya memiliki banyak kelebihan.